Sort By : 0-9 A B C D E F G H I J K L M N Ñ O P Q R S T U V W X Y Z
 

Lampu LED Berkedip "Blink LED"

Buatlah rangkaian pada bread board atau dirangkai secara langsung atau dengan bantuan PCB matrix/lubang sehingga tampak seperti Rangkaian 1.1 Kabel jumper dari 5V ke kolom pertama dilepas. Kemudian kabel di kolom kedua dilepas dan disambungkan ke pin 8 pada board Arduino.

Rangkaian 1.1 (Rangkaian LED Berkedip)
 


Sketh/Program :
Ketika Anda pertama kali membuka Arduino IDE, maka secara otomatis akan muncul sketch seperti berikut: 

  1. void setup() {
  2. // put your setup code here, to run once:
  3. }
  4. void loop() {
  5. // put your main code here, to run repeatedly:
  6. }

Fungsi setup() dan fungsi loop() merupakan fungsi wajib dan harus ada. Fungsi setup() digunakan untuk inisialisasi program, fungsi ini hanya dijalankan sekali yaitu ketika program pertama kali dijalankan (ketika arduino pertama kali dihidupkan). Sedangkan fungsi loop() akan dijalankan terus-menerus (looping forever) hingga Arduino dimatikan.
Program di atas sudah bisa diupload ke Arduino dengan cara meng-klik tombol Upload. Hanya saja, ketika program tersebut diupload, Arduino tidak akan melakukan apa-apa sebab dalam sketch tersebut memang tidak ada perintah yang harus dikerjakan.
Dalam tutorial ini, jika ada sketch yang harus Anda coba, maka kami akan menampilkan sketch terlebih dahulu, setelah itu akan kami jelaskan fungsi dan logika dari sketch tersebut. Untuk mengawali primordial dalam belajar mikrokontroller, maka Anda harus mencoba sketch ini. 

Berikut ini adalah sketch untuk membuat kedipan LED.
  1. // Lampu LED Berkedip Arduino
  2. // anak-tegal.blogspot.com
  3. // blog e cah tegal
  4.  
  5. const int pinLED = 8;
  6.  
  7. void setup() {
  8. pinMode(pinLED, OUTPUT);
  9. }
  10.  
  11. void loop() {
  12. digitalWrite(pinLED, HIGH);
  13. delay(500);
  14. digitalWrite(pinLED, LOW);
  15. delay(500);
  16. }

Baik, mari kita ulas satu-persatu baris-baris sketch diatas sbb :

5.const int pinLED = 8;

Nama-nama pin pada Arduino sama seperti yang tertera di board. Pada salah satu sisi board, nama-nama pinnya adalah 0 hingga 13, kemudian di sisi lain nama-nama pinnya A0 hingga A5, dst. Perintah pada baris 5 artinya : Variabel pinLED merupakan konstanta dalam bentuk integer yang merujuk pada pin 8 board Arduino.
Tolong diingat baik-baik, untuk kemudahan dalam memprogram, sebaiknya inisialisasi pin-pin dijadikan konstanta dan ditentukan di awal program. Sehingga, misal ketika kita ingin mengubah pin yang akan dirujuk, kita tidak akan kesusahan. Kita tinggal mengubah nilai dari variabel pin tersebut, maka kita tidak perlu langi mengubah variabel lainnya.

7. void setup() { 
8. pinMode(pinLED, OUTPUT); 
9. }

Fungsi pinMode() memberi tahu bahwa pinLED adalah Output. Dengan demikian mikrokontroller tidak akan “membaca” logika pin tersebut, akan tetapi dia hanya akan “menulis” logika pada pin tersebut. Dengan kata lain, jika kita ingin mendefinisikan bahwa pin ini adalah input, maka kita tinggal mengubah OUTPUT menjadi INPUT.
11. void loop() {
12. digitalWrite(pinLED, HIGH);
13. delay(500);
14. digitalWrite(pinLED, LOW);
15. delay(500);
16. }
Baris ini adalah inti dari program yang akan dieksekusi selama Arduino tersambung dengan listrik atau selama Arduino tidak direset. pinLED diset HIGH berarti LED akan diberi tegangan 5 volt, sedangkan LOW berarti LED akan diberi tegangan 0 volt. Oleh sebab itu, rangkaian LED di atas akan menyala ketika diberi HIGH dan akan mati ketika diberi LOW.
Fungsi delay() digunakan untuk berhenti selama sekian milidetik. Karena 1 detik = 1000 milidetik, maka pemberian nilai 500 berarti Arduino akan jeda selama ½ detik ketika LED nyala dan ½ detik ketika LED padam. Lalu bagaimana jika program yang Anda coba tidak berjalan dan error? 

Begini, ada beberapa yang perlu diperhatikan ketika Anda memprogram:
  1. Penulisan sketch itu case sensitive, artinya, tulisan “pinLED” tidak sama dengan “PinLED”. Jika terjadi error, coba perhatikan apakah ada penulisan yang keliru?
  2. Jika Anda copy-paste sketch dari file PDF ke Arduino IDE, maka kemungkinan akan ada perubahan whitespace (spasi, tab, blank line). Jika spasi tergantikan denan karakter tab atau blank line, maka sketch akan error. Silakan Anda cek setiap spasi, jika ukuran space-nya berbeda dengan spasi yang lain, silakan dihapus dan ganti dengan spasi.
  3. Setiap blok kode harus diapit dengan kurung kurawal „{‟ dan „}‟. Jika kurungnya kurang satu, maka akan error.
  4. Setiap ada kurung buka „(‟, harus ada kurung tutup „)‟. Jadi jika ternyata kurungnya kurang, itu bisa menyebabkan error.
  5. Penulisan angka tanpa embel-embel koma. Misal Anda ingin menulis 1000, maka tidak perlu menulis dengan 1,000 atau 1.000. Penulisan dengan 1,000 akan terjadi error, sedangkan jika Anda menulis dengan 1.000 akan dianggap 1, bukan 1000.
  6. Setiap baris kode akan ditutup dengan titik koma (semicolon) „;‟, kecuali di akhir blokkode yang ditutup dengan kurung kurawal „}‟.
« Anterior
 
Siguiente »
 

0 comments:

¿Deje un comentario? / Lampu LED Berkedip "Blink LED"