Sort By : 0-9 A B C D E F G H I J K L M N Ñ O P Q R S T U V W X Y Z
 

Kiat Tangkal Radiasi Phonsel

Dalam era serba digital ini, perangkat ponsel (telepon selular) atau handphone (HP) sudah merupakan kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Coba ingat, dalam sehari berapa kali kita berinteraksi menggunakan HP? Dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia menggunakan telepon selular setiap harinya.
Namun apakah Anda tahu, ponsel dianggap membahayakan pemakainya? Benarkah? Menurut penelitian, penggunaan HP secara berlebihan, memiliki efek-efek negatif. Dokter dari University of Pittsburgh Cancer Institute, Dr Ronald B Herberman memberikan 10 cara, untuk menjauhkan otak Anda yang berharga, dari bahaya kanker dan ancaman kesehatan lainnya akibat  radiasi ponsel.
Kelihatannya sepele dan kurang penting. Tapi justru dari hal-hal seperti inilah segala resiko yang bakal terjadi bisa dihindarkan. Berikut ini adalah beberapa tips aman menggunakan HP:
1.Jangan biarkan anak kecil menggunakan ponsel
Organ yang berkembang pada janin atau anak sensitif terhadap efek gelombang elektromagnetik. Maka dari itu untuk ibu hamil sebaiknya sebisa mungkin menggunakan telepon rumah biasa. Hal ini untuk mencegah efek negatif dari penggunaan HP. Selain itu sebisa mungkin hindarkan anak Anda menggunakan ponsel secara berlebihan. Tentu saja hal ini tidak berlaku dalam kondisi darurat.
2.Jauhkan HP dari tubuh ketika menggunakannya
Amplitudo dari gelombang elektromagnetik itu seperempat kekuatan pada jarak dua inci dan 50 kali lebih rendah pada jarak tiga kaki. Karena itu usahakan Anda selalu menggunakan speaker phone atau wireless bluetooth headset yang memiliki sekitar 1/100 emisi elektromagnetik dari HP biasa.
3.Hindari menggunakan ponsel di tempat umum
Anda bisa “menjangkiti”orang lain secara pasif dengan gelombang elektromagnetik. Kedengarannya sangat remeh, seperti kasus perokok pasif bukan? Namun di Indonesia sendiri jika larangan merokok di tempat umum saja masih sulit untuk dipatuhi, bagaimana mengharapkan kesadaran orang-orang tentang pemakaian HP di tempat umum? Tentu lebih mustahil lagi untuk diterapkan. Jadi sebisa mungkin jangan terus-menerus berdekatan dengan orang yang sedang asyik ber-HP-ria.
4. Hindari membawa HP di badan setiap saat
Jangan dekatkan ponsel dengan tubuh Anda apalagi pada malam hari. Anda yang biasa tidur dengan ponsel di bawah bantal atau di meja tempat tidur Anda, sebaiknya mengubah kebiasaan yang merugikan itu mulai sekarang. Apalagi jika Anda atau istri Anda sedang hamil. Anda bisa menyalakan mode offline yang menghentikan penerimaan elektromagnetik.
5. Hadapkan bagian keyboard ke tubuh saat mengantongi HP
Pastikan bagian belakang HP menghadap ke luar, agar gelombang elektromagnetik dijauhkan dari tubuh Anda.
6. Kontak boleh dilakukan saat percakapan hanya berlangsung beberapa menit
Usahakan untuk menggunakan HP seperlunya. Jangan tergiur oleh iklan-iklan dari operator telepon selular, yang berkali-kali menekankan Anda untuk menggunakan fasilitas jasa layanan telepon selular yang menawarkan pemakaian yang murah untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Hati-hati. Efek biologis dari penggunaaan HP dapat terjadi pada percakapan yang berlangsung lama. Apabila percakapan lebih lama dari beberapa menit, usahakan untuk menggunakan telepon biasa.
7. Tukar sisi ponsel secara rutin untuk menghindari eksposur
Sebelum menempelkan HP Anda, ke telinga, tunggu sampai lawan bicara Anda mengangkat telepon.Tindakan ini membatasi kekuatan gelombang elektromagnetik ketika dekat telinga dan durasi eksposur.
8. Hindari pemakaian HP saat sinyal lemah
Usahakan untuk menghindari pemakaian telepon selular saat bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti di dalam mobil atau kereta. Kondisi ini secara otomatis akan menaikkan kekuatan hingga maksimum karena ponsel secara berulangkali berusaha menghubungkan ke relay antena yang baru.
9. Sering-seringlah SMS
Berkomunikasi lewat pesan teks dianggap lebih aman dibandingkan dengan menelepon via HP. Tindakan ini membatasi durasi eksposur dan kedekatan dengan tubuh. Siapa sangka kegiatan chatting lewat HP, ternyata bermanfaat untuk kesehatan?
10. Pilih handset dengan SAR terendah
Mungkin Anda belum mengetahui apakah SAR itu. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, SAR (Specific Absorption Rate) merupakan ukuran kekuatan gelombang magnetik yang dapat diserap tubuh. Informasi rating SAR pada HP Anda tersedia dengan mencari SAR ratings cell phones di internet, biasanya berbeda untuk tiap pabriknya. Demikian kiranya tips-tips menggunakan HP yang sehat dan aman. Semoga berguna bagi kehidupan Anda. (anggie)
                                -------------------------------------------
WHO UNGKAP RADIASI HP PICU KANKER OTAK
Memakai HP bisa menimbulkan radiasi yang berbahaya bagi pemakainya. Hasil penelitian terbaru dari WHO mengungkapkan, radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak, dan dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya, seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Berikut ini 8 kiat mengurangi radiasi itu, seperti dikutip dari eHow, pekan lalu:
1. GUNAKAN HEADSET
Inilah cara paling mudah menangkal ancaman radiasi. Tentu kita tidak bisa menolak menerima panggilan telepon. Namun jika Anda masih khawatir, ada baiknya menggunakan headset. Intinya adalah telepon genggam jangan terlalu dekat dengan otak.
2. KURANGI BLUETOOTH DAN HEADSET WIRELESS
Menggunakan headset bisa menjadi pilihan untuk mengurangi radiasi ponsel. Namun ingat, pilih headset konvensional, alias masih menggunakan kabel, jangan gunakan headset wireless. Fitur bluetooth di ponsel juga jangan terus menerus diaktifkan, gunakan seperlunya.
3. SPEAKERPHONE
Menggunakan speaker ketika bertelepon juga bisa menjadi pilihan. Namun tentu ada rasa kurang nyaman saat dilakukan di tempat publik. Tapi setidaknya, Anda tak harus menempelkan ponsel di kepala saat bertelepon. Jadi pilihan ini bisa digunakan saat Anda di tempat privat seperti di rumah.
4.CASING PENAHAN RADIASI
Kekhawatiran radiasi ponsel belakangan memunculkan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika diperlukan, Anda bisa mencarinya di toko.
5. SUDUT RUANGAN
Hindari menerima telepon di sudut ruangan, yang biasanya sepi, karena menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru memicu radiasi lebih tinggi. Ini berlaku pula di area sempit/kecil seperti lift.
6. JANGAN SELALU MENEMPEL
Ponsel yang Anda gunakan boleh menjadi gadget kesayangan, namun untuk kesehatan, ada baiknya jangan selalu nempel dengan ponsel. Ponsel yang tidak digunakan direkomendasikan ditaruh di tas atau di atas meja. Ini lebih baik ketimbang di kantong celana.
7. DIAM KALA MENELPON
Saat menerima telepon sebaiknya tidak jalan-jalan. Pasalnya, dalam keadaan bergerak, sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS). Aktivitas ini justru menguatkan radiasi.
8. GUNAKAN DUA TELINGA
Hindari penggunaan satu bagian telinga saat bertelepon. Misalnya, selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja. Menurut para ahli, ini justru tak baik. Manfaatkan kedua telinga, untuk meminimalisir radiasi. (harsem)

« Anterior
 
Siguiente »
 

0 comments:

¿Deje un comentario? / Kiat Tangkal Radiasi Phonsel